Apa itu Backlink dan Cara Mendapatkannya

pengertian backlink

Pengertian Backlink

Jika Anda bertanya-tanya apa itu backlink, secara sederhana backlink adalah link yang berasal dari sebuah situs dan mengarah ke situs lainnya.

Backlink sangat penting untuk sebuah blog, karena melalui backlink, Google bisa menilai kualitas blog yang Anda miliki, disamping faktor utama lainnya seperti relevansi konten, kecepatan akses, dll.

Saya lebih suka membuat perumpamaan, backlink itu seperti rekomendasi orang lain kepada kita.

Bayangkan jika dalam sebuah pidato, Presiden mengatakan “Jika kalian ingin belajar blogging, silahkan belajar ke Mas Fajar”, seketika nama saya akan naik dan orang-orang akan mempercayai saya sebagai ahli blogging karena direkomendasikan oleh orang yang mempunya otoritas tinggi.

Begitupun yang terjadi dalam dunia blogging, saat blog kita diberi backlink (direkomendasikan) oleh situs lain yang punya authority tinggi, maka blog kita seketika akan “naik” dan Google akan me-notice hal ini, mereka akan menganggap blog kita paling relevan untuk sesuatu yang telah direkomendasikan tadi.

Saya harap Anda paham apa itu backlink dan bagaimana cara kerjanya.

Selanjutnya Anda akan mempelajari jenis-jenis backlink yang akan Anda temui saat ngeblog nanti.

Jenis-jenis Backlink

Umumnya, backlink terbagi menjadi dua jenis, dan masing-masing mempunyai efek samping yang berbeda saat mereka mengarah ke blog Anda.

1. Backlink Nofollow

Tentu Anda sudah mengetahui bagaimana Google Spider bekerja, jika belum Anda bisa membacanya terlebih dahulu, intinya Google mempunyai sebuah robot yang bertugas untuk merayapi setiap situs yang ada di internet.

Saat Google Spider merayapi sebuah situs dan mendapati backlink nofollow, maka Google Spider tidak akan meneruskan rayapannya melalui link tersebut.

Backlink seperti ini tidak membawa pengaruh banyak terhadap blog Anda terutama dari sisi visibilitas, link nofollow tidak akan membantu meningkatkan ranking Anda di mesin pencari.

2. Backlink Dofollow

Backlink dofollow adalah kebalikan dari backlink nofollow, saat Anda mendapatkan backlink dengan jenis dofollow, maka Google Spider akan merayapi blog Anda sebagai blog yang direkomendasikan oleh situs awal, dan ini akan berpengaruh pada ranking blog Anda.

Namun backlink dofollow juga bisa membawa kehancuran pada blog Anda jika ia bersumber dari situs yang terlarang, seperti situs judi, pornografi dan sejenisnya.

Maka Anda harus hati-hati terhadap backlink ini.

Cara Mendapatkan Backlink

Untuk mendapatkan backlink, Anda perlu waktu dan usaha yang lumayan, karena untuk dapat rekomendasi dari orang lain itu tidak mudah, Anda perlu menunjukkan kualitas yang Anda miliki dan bisa membuat mereka percaya pada Anda.

Saya akan tulis panduan lengkap mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas nanti di artikel berikutnya.

Tapi di awal-awal ngeblog, Anda bisa menggunakan beberapa cara mendapatkan backlink yang punya dampak bagus terhadap blog Anda.

1. Profil Media Sosial

Saat ini hampir semua media sosial menyediakan slot untuk Anda menuliskan alamat website. Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan YouTube semuanya memiliki fitur tersebut.

apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkannya

Anda bisa mulai untuk menyisipkan domain blog Anda di beberapa media sosial kenamaan diatas.

2. Menjadi Penulis Tamu (Guest Post)

Menjadi penulis tamu pada sebuah situs merupakan salah satu cara favorit saya untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, sehingga peringkat blog saya pun akan naik tanpa saya sadari.

Dimana Anda bisa menjadi penulis tamu?

Anda bisa menulis artikel di situs-situs dengan kategori User Ganerated Content seperti Kompasiana.

Tentu masih banyak cara untuk mendapatkan backlink berkualitas, dalam waktu dekat akan saya kupas tuntas secara lengkap tentang trik cara mendapatkan backlink ini.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Fajar Hidayat

Fajar adalah seorang blogger profesional dan mempunyai pengalaman di dunia Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Selain itu, ia juga merupakan Founder Sekolah Blogger dan Komunitas SBO

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.