Apa itu Gravatar dan Bagaimana Cara Membuatnya

apa itu gravatar dan bagaimana cara membuatnya

Bagi Anda pengguna WordPress mungkin pernah mendengar tentang Gravatar, namun belum banyak yang tahu apa itu gravatar dan masih banyak yang kesulitan bagaimana cara menampilkan foto profile di WordPress menggunakan Gravatar, yang nanti foto ini akan muncul ketika kita memberikan komentar atau mem-post sebuah tulisan di blog.

Di artikel ini Anda akan mengetahui apa itu Gravatar dan bagaimana cara membuatnya sehingga tampilan blog Anda menjadi lebih keren lagi.

Sejarah Gravatar

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat gravatar, sebaiknya Anda tahu dulu bagaimana sejarah dari fitur yang satu ini.

Mungkin Anda lebih mengenal istilah Avatar, sebuah gambar yang merepresentasikan seseorang, bisa berupa foto orang yang bersangkutan atau ikon yang sengaja ingin dikaitkan dengan dirinya, tujuannya sederhana yaitu supaya mudah untuk diidentifikasi.

Ketika tren blogging mulai naik, maka setiap tren blog-walking pun ikut naik, banyak orang yang membuat blognya sendiri, saling berbalas komentar dan interaksi lainnya, namun masalahnya kita kesulitan untuk mengidentifikasi siapa yang sedang memberi komentar, siapa yang sedang menulis dan lain sebagainya.

Maka dari itu untuk mempermudah proses tersebut Gravatar masuk sebagai solusi, sekarang kita bisa menambahkan foto kita sendiri dan ketika kita berkomentar di blog orang lain maka foto kita akan muncul dan pemilik blog akan dengan mudah mengenali kita.

Apa itu Gravatar?

Gravatar sendiri merupakan kependekan dari Globally Recognized Avatar. Fitur ini sudah diakui secara global karena sudah lebih dari jutaan orang menggunakan fitur ini di website maupun blognya masing-masing.

Jika Anda pengguna WordPress maka fitur ini sudah menjadi fitur bawaan yang bisa langsung Anda gunakan, sehingga dengan adanya fitur ini, Anda bisa berkomentar di hampir semua website dan blog di seluruh dunia dan foto Anda akan terpampang di samping komentar yang Anda tulis.

Apakah Saya Harus Menggunakan Gravatar?

Penggunaan Gravatar sampai saat ini bukanlah sebuah kewajiban, namun jika Anda ingin dikenal dan mudah diidentifikasi oleh orang lain, maka penggunaan Gravatar ini menjadi hal yang wajib, apalagi jika Anda seorang blogger tentu Anda wajib menggunakan Gravatar untuk meningkatkan personal branding Anda.

Bayangkan jika dalam sebuah blog terdapat 10 komentar, 9 dari komentator tersebut tidak menggunakan Gravatar dan Anda sendiri yang menggunakan Gravatar, maka komentar Anda akan terlihat lebih jelas dan mendapatkan perhatian khusus dari pemilik blog.

Dengan kata lain, Gravatar membuat komentar Anda menjadi terlihat lebih menonjol.

Bagaimana Cara Membuat Gravatar?

Caranya sangat mudah, Anda cukup kunjungi website resmi Gravatar, kemudian lakukan pendaftaran menggunakan email seperti biasa.

Setelah itu Anda tinggal upload foto yang ingin Anda jadikan sebagai identitas Anda, jika Anda blogger maka Anda bisa pakai foto diri Anda, kalau Anda perushaan, maka Anda bisa menggunakan logo perusahaan Anda.

You May Also Like

About the Author: Fajar Hidayat

Fajar Hidayat adalah seorang copywriter dan digital marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun di dunia digital marketing dan bisnis online. Selain itu, Fajar Hidayat merupakan pendiri dari Sekolah Blogger dan CopyLabs.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.