Cara Membuat Blog dan Bagaimana Cara Mendapat Uang dari Blog (2020)

Kalau Anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat blog dan bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, Anda sedang berada di tempat yang tepat, karena artikel ini akan menjelaskan step by step membuat blog dan bagaimana cara mengoptimasinya.

Pastikan Anda mengikuti setiap langkahnya dengan baik, sehingga nantinya Anda akan mampu membuat blog Anda sendiri dan tahu bagaimana cara mengurusnya.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Memulai Sebuah Blog?

Secara teknis, ada 3 komponen utama yang harus Anda miliki untuk membangun sebuah blog, 3 komponen itu adalah:

  1. Hosting
  2. Domain
  3. Content Management System

Tapi, untuk membangun blog yang sukses Anda masih memerlukan beberapa komponen non teknis lainnya, terutama hal-hal yang berkaitan dengan fondasi dan big why seputar dunia blogging.

Maka dari itu di panduan ini, saya akan menjelaskan semuanya secara sistematis, baik itu teknis dan non teknis.

DISCLAIMER:

Membangun sebuah blog butuh waktu, kesabaran dan ketekunan, karena untuk membuat blog dari nol sampai menghasilkan, Anda harus tekun dan rajin, terutama menulis konten.

Jadi, kalau Anda ingin segala sesuatunya serba instan, maka panduan ini bukan untuk Anda.

Karena pada dasarnya tidak ada yang instan di dunia ini, masak mie instan pun tidak instan, Anda harus memanaskan airnya dulu, siapkan piring, buka bumbunya dengan gunting, kalau itu mie goreng Anda harus menyaring airnya, baru Anda bisa nikmati.

Kenapa Anda Harus Membuat Blog Sekarang?

Sebelum membahas hal-hal berbau teknis, ada baiknya Anda mengetahui kenapa Anda harus mulai membuat blog sekarang dan apa manfaatnya untuk Anda.

1. Bisa meningkatkan rasa percaya diri

Aktivitas menulis blog atau biasa disebut ngeblog merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan khususnya jika Anda orang yang pemalu.

Dengan menulis di blog Anda bisa bertemu dengan orang-orang baru dan sebagian dari mereka mungkin bisa jadi “fans” Anda, karena mereka menikmati setiap konten yang Anda tulis.

Perlahan namun pasti, kepercayaan diri pasti akan muncul, Anda tidak ragu lagi mengungkapkan ide dan pendapat yang Anda miliki akan suatu hal.

2. Media untuk menyampaikan ide dan gagasan

Melalui blog, Anda bisa menyampaikan ide atau gagasan yang Anda miliki kepada semua orang di dunia, gagasan Anda akan dibaca oleh banyak orang dan itu sebuah kebanggaan tersendiri

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membangun sebuah blog yang sukses.

  1. Memilih Niche Blog yang Profitable
  2. Memilih Nama Domain yang Tepat
  3. Rekomendasi Provider Hosting & Cara Registrasinya
  4. Memilih Theme Blog yang Terbaik
  5. Membuat Blog Terindex oleh Google
  6. Memasang Google Analytics pada Blog