Google: Pertahankan Redirect 301 Selama Satu Tahun

john mueller

Dalam series #AskGooglebot yang tayang di YouTube, Google menyarankan agar kita mempertahankan redirect 301 minimal satu tahun, agar perpindahan bisa dikenali secara permanen oleh Googlebot.

Kenapa satu tahun?

Karena kalau redirect dilakukan kurang dari satu tahun, maka Google tidak punya cukup waktu untuk memastikan URL tersebut sudah berpindah secara permanen.

Redirect 301 adalah sebuah upaya untuk memberikan sinyal kepada Google bahwa halaman tersebut sudah berpindah secara permanen.

Biasanya praktik ini dilakukan kalau ada halaman yang dihapus, URL yang berubah atau adanya perpindahan konten dari website satu ke website lainnya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak negatif terhadap optimasi yang sudah kita lakukan.

Karena kalau Anda tidak melakukan redirect 301 saat ada perpindahan, maka respon code yang akan muncul adalah halaman 404 yang berarti halaman tersebut tidak bisa ditemukan dan ini sinyal yang buruk untuk Google.

Maka dari itu kita disarankan untuk melakukan redirect 301 atau mengelola halaman 404 dengan baik, Anda bisa baca selengkapnya di 7 kesalahan yang harus dihindari saat membuat blog.

Bagi Anda pengguna WordPress, banyak plugin yang bisa Anda lakukan untuk melakukan redirect 301 ini, kami sudah pernah bahas di artikel plugin wajib untuk blog.

Berikut keterangan lengkap dari Google yang disampaikan oleh John Mueller terkait redirect 301.

You May Also Like

About the Author: Fajar Hidayat

Fajar Hidayat adalah seorang Blogger Profesional sekaligus Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun dan pendiri dari SekolahBlogger.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.