Cari Hosting untuk Blog? Ini 5 Provider Terbaik (2020)

cara memilih hosting untuk blog

Sebagaimana Anda ketahui, selain memilih domain yang tepat, hosting merupakan unsur penting dalam membangun sebuah blog, maka dari itu pemilihan hosting untuk blog tidak boleh sembarangan, karena akan sangat berpengaruh pada “kelangsungan hidup” blog Anda.

Memilih hosting terbaik sudah menjadi kewajiban terutama bagi Anda yang ingin menjadikan blog sebagai salah satu sumber penghasilan, Anda butuh web hosting dengan performa yang prima.

Ada banyak sekali ragam hosting yang bisa Anda pakai, shared hosting, VPS, dedicated hosting, cloud hosting dan masih banyak lagi, saya akan menjelaskan ini di artikel yang berbeda.

Di artikel ini Anda akan mengetahui 5 provider hosting untuk blog rekomendasi Sekolah Blogger.

Rekomendasi ini dibuat dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti tes kecepatan, tes uptime, dan uji reliabilitas.

Berikut preview singkat 5 provider hosting yang bisa Anda pilih.

Hosting untuk Blog Paling Recommended

Niagahoster

Niagahoster merupakan web hosting provider yang berasal dari Yogyakarta dan sudah berdiri sejak 2013. Dikutip dari website resmi Niagahoster, mereka sudah melayani 29 juta pemilik website dari 127 negara dengan kualitas server yang uptime hingga 99,9% dan full support 24 jam bagi setiap pelanggannya.

Kelebihan:

  • Terdapat tutorial lengkap bagaimana memulai sebuah website, dituangkan dalam bentuk PDF dan online course, bisa diakses di member area
  • Sering mengadakan webinar, sehingga Anda bisa mengikutinya secara gratis sekaligus belajar
  • Komisi afiliasi yang cukup besar hingga 70%, sangat pas untuk menjadi salah satu pipa penghasilan blog Anda nantinya.

IdCloudHost

IdCloudHost merupakan layanan penyedia hosting dengan keunggulan SSD untuk penyimpanannya, sehingga data blog Anda bisa diakses dengan cepat.

Kelebihan:

  • Mempunyai data center yang tersebar di berbagai negara seperti Indonesia, Singapura dan Inggris.
  • Menggunakan teknologi kekinian sehingga blog akan lebih aman

Domainesia

Domainesia merupakan provider penyedia hosting yang mempunya fitur Instant Deploy, artinya jika Anda ingin menginstall content management system seperti WordPress untuk blog Anda, maka Anda tidak perlu repot-repot, semua bisa dilakukan hanya dengan satu klik saja.

Kelebihan:

  • Mempunya fasilitas backup harian ke cloud, sehingga menjaga keamanan data-data penting milik Anda.
  • Penyimpanan data sudah menggunakan SSD sehingga data blog Anda mudah untuk diakses dengan kecepatan yang ngebut.

Qwords

Qwords adalah provider yang saya pilih ketika pertama kali membuat blog, alasannya sederhana, karena banyak direkomendasikan oleh teman dan setelah saya pakai tidak ada kendala yang berarti samapi hari ini, kalau Anda masalah pun akan di-support secara penuh oleh tim Qwords, sehingga performa tetap terjaga dan jarang sekali terjadi server down.

Kelebihan:

  • Menyediakan berbagai jenis hosting, seperti hosting khusus untuk WordPress, VPS, Cloud Hosting, Unlimited Hosting dan masih banyak lagi.
  • Panduan manual yang lengkap, sehingga Anda bisa belajar bagaimana cara mengurus blog yang Anda miliki.
  • Tier 1 network, merupakan jaringan dunia tanpa transit network, yang membuat jaringan lebih cepat serta jalur routing yang lebih pendek dan ketersediaan backup network.

Jagoanhosting

Kalau Anda generasi milenial dan punya jiwa muda, maka Jagoanhosting bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda, karena Jagoanhosting mempunyai tampilan yang dinamis dan dalam dashboardnya pun menggunakan bahasa-bahasa anak muda.

Saat loading biasanya Anda akan melihat tulisan “Please wait” atau sejenisnya, tapi di Jagoanhosting tulisan tersebut diubah dengan gaya anak muda “Tunggu bentar ya sob”.

Selain itu harganya pun menurut saya paling terjangkau untuk segudang fasilitas yang ditawarkan.

Kelebihan:

  • Respon pelayanan yang cepat, semua chat akan dibalas kurang dari 3 menit.
  • Menggunakan hardware dan teknologi yang paling baru.
  • Sudah menggunakan SSD sebagai tempat penyimpanan data

Itulah 5 provider hosting rekomendasi Sekolah Blogger, tentu semuanya disesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Dari kelima provider diatas, mana yang kira-kira akan jadi pilihan Anda? Tulis di kolom komentar ya.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Fajar Hidayat

Fajar Hidayat adalah seorang copywriter dan digital marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun di dunia digital marketing dan bisnis online. Selain itu, Fajar Hidayat merupakan pendiri dari Sekolah Blogger dan CopyLabs.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.