Perbedaan Website dan Blog (Penjelasan Lengkap)

perbedaan website dan blog

Di Grup Facebook Sekolah Blogger, salah satu pertanyaan yang sering disampaikan oleh member baru adalah “Apa perbedaan website dan blog”, dan jika Anda berniat membuat sebuah blog, maka ada baiknya Anda memahami seluk beluk dunia blogging.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu blog dan apa bedanya dengan website yang sering kita dengar. Selain itu, saya juga akan membahas perbedaan dari sisi penggunaan, contoh-contohnya dan manfaat dari keduanya.

Apa itu Blog?

Blog merupakan situs internet yang kontennya disajikan dalam urutan terbalik, artinya konten yang lebih baru akan muncul di awal, dan konten tersebut biasa disebut “blog post”.

Blog biasanya dioperasikan oleh individu atau kelompok kecil dengan menyajikan banyak informasi dengan gaya bahasa yang lebih ringan atau gaya bahasa percakapan.

Ciri khas lain dari blog adalah adanya kolom komentar dimana para pembaca bisa menanggapi isi artikel yang mereka baca dan bisa berinteraksi dengan pemilik blognya.

Sejarah Blog

Tidak banyak orang tahu bahwa blog bermula dari buku harian dan jurnal online pada tahun 90-an. Saat ini pengguna internet sudah mulai banyak dan mereka membuat halaman web pribadi untuk menuliskan berbagai hal, mulai dari kehidupan pribadi, opini atau gagasan yang mereka miliki.

Sebelum menggunakan istilah “blog” seperti sekarang, istilah yang dipakai pertama kali adalah “weblog” kemudian berubah menjadi “we blog” dan akhirnya berubah lagi menjadi “blog” dan digunakan sampai sekarang.

Karena makin banyaknya orang yang tertarik membuat halaman web pribadi saat itu, muncullah tools-tools untuk memudahkan orang dalam membuat halaman web pribadinya.

Pada tahun 1999, Blogger.com diluncurkan sebagai platform blogging paling populer saat itu, kemudian Blogger.com diakuisisi oleh Google pada Februari 2003.

Pada tahun yang sama, platfrom blogging WordPress muncul dengan versi pertamanya, tepatnya pada Mei 2003.

Sampai saat ini WordPress merupakan platform blogging paling populer di dunia, 30% situs yang ada di internet menggunakan WordPress sebagai content management system-nya.

Perbedaan Antara Website dan Blog

Perbedaan paling signifikan antara blog dan website adalah blog diperbarui secara teratur dengan menghadirkan konten-konten baru, yang kemudian disusun secara terbalik (konten paling baru akan berada paling atas).

Sedangkan website bersifat statis dan kontennya tidak disusun secara terbalik, ia hanya terdiri dari halaman-halaman saja. Tidak seperti blog yang diperbarui secara rutin, website malah jarang sekali diperbarui.

Blog bisa menjadi bagian dari sebuah website besar, saat ini banyak perusahaan yang sengaja membuat blog dan mengisi kontennya secara rutin, hal ini bertujuan agar mereka bisa memberikan informasi sekaligus mengedukasi customernya.

Baik website ataupun blog, keduanya bisa dibuat menggunakan platform WordPress, karena banyak pilihan theme yang bisa Anda pilih sesuai tujuan Anda.

Contoh Blog Sekolah Blogger dengan domain sekolahblogger.com/blog merupakan sebuah blog, bisa dilihat dari konten yang diperbarui secara rutin dengan susunan terbalik.

apa perbedaan blog dan website - contoh blog

Sekarang coba kita lihat website utama Sekolah Blogger dengan nama domain sekolahblogger.com, situs ini tidak memperbarui kontennya secara rutin dan tidak ada konten yang disusun secara terbalik seperti blog, situs ini lebih statis, inilah yang disebut website.

Website biasanya hanya berisi informasi tentang bisnis atau halaman penting lainnya.

Mana yang Lebih Baik Antara Blog dan Website?

Mungkin Anda bertanya-tanya “sebaiknya saya membuat blog atau website ya?”, jawaban paling tepat untuk pertanyaan ini adalah : tergantung apa tujuan Anda.

Keduanya punya porsi masing-masing.

Jika Anda pebisnis dan ingin menampilkan informasi seputar bisnis Anda, maka website lebih cocok untuk Anda gunakan.

Namun jika Anda ingin menyampaikan gagasan, opini atau menyalurkan hobi menulis, maka blog adalah pilihan yang tepat.

Seiring perkembangan, sudah banyak perusahaan yang kini memakai dua-duanya, mereka menggunakan website untuk menampilkan informasi bisnisnya dan menggunakan blog untuk mengedukasi marketnya.

Apa Manfaat Punya Blog?

Setiap orang pasti punya alasan tersendiri kenapa ia ingin mempunyai blog. Kebanyakan dikarenakan mereka ingin mempunyai buku harian online dan bisa menyampaikan ide atau gagasan ke orang yang lebih luas lagi.

Sedangkan untuk perusahaan biasanya mereka membuat blog untuk media edukasi ke calon customer mereka dan berbagi informasi penting seputar bisnisnya, dengan ini mereka berharap bisa menjangkau calon customer yang lebih luas lagi.

Jika Anda masih ragu untuk membuat blog, maka coba perhatian beberapa manfaat berikut ini saat Anda punya blog:

  • Bisa menjadi jalan untuk mencurahkan ide dan opini Anda pada suatu hal
  • Blog bisa menjadi alat untuk menunjukkan keahlian dan bakat Anda kepada dunia
  • Bisa membantu meningkatkan authority Anda terhadap suatu bidang
  • Menjadi salah satu sumber penghasilan dengan cara memonetisasi blog
  • Saat digunakan oleh perusahaan, blog bisa menjangkau lebih banyak calon customer
  • … dan masih banyak lagi

Contoh Blog yang Sukses

Sampai saat ini, sudah jutaan blog yang ada di internet dengan berbagai niche yang spesial.

Berikut contoh blog yang menurut saya patut dijadikan referensi jika Anda ingin membangun blog yang sukses.

Life Hacker

Life Hacker adalah sebuah blog yang berisi tips-tips sederhana dan unik yang bisa kita lakukan untuk mempermudah urusan sehari-hari.

Selain itu, Life Hacker juga memfasilitasi penulis lain untuk berbagi informasi atau tips untuk dibagikan kepada pembaca setianya.

Blog yang dibuat oleh Gina Trapani ini merupakan salsah satu blog dengan penghasilan fantastis, menyentuh angka milyaran.

Bagaimana? Sudah mengerti kan apa bedanya website dan blog. Semoga artikel sederhan ini bermanfaat.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Fajar Hidayat

Fajar adalah seorang blogger profesional dan mempunyai pengalaman di dunia Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Selain itu, ia juga merupakan Founder Sekolah Blogger dan Komunitas SBO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.