3 Situs Download Gambar Gratis (Free Copyright)

situs download gambar gratis no copyright

Menulis blog tanpa menyisipkan gambar seperti masak sayur tanpa garam, maka dari itu Anda harus mengetahui situs download gambar gratis yang bisa Anda gunakan untuk menyempurnakan konten di blog Anda.

Karena untuk menyisipkan gambar yang relevan di konten Anda, tidak bisa asal comot, apalagi mengambilnya dari Google Image, kalau tidak hati-hati, bisa “kena sentil” oleh pemilik fotonya.

Semua ini berkaitan dengan copyright, tidak semua foto yang ada di internet bebas Anda pakai begitu saja, bisa jadi foto-foto tersebut punya copyright dan ada syarat-syarat tertentu saat Anda hendak menggunakannya.

Di artikel ini Anda akan mengetahui situs penyedia gambar gratis yang bisa Anda pakai untuk berbagai keperluan termasuk untuk mendukung konten di blog Anda.

Selain itu, kita akan sama-sama melihat syarat dan ketentuan pada masing-masing situs, sehingga dalam penggunaannya tidak akan menimbulkan masalah.

Daftar Situs Penyedia Gambar Gratis

1. Pixabay

pixabay - situs download gambar gratis no copyright

Pixabay merupakan situs penyedia foto dan gambar yang menyediakan lebih dari 1,7 juta foto yang bisa Anda gunakan.

Situs yang berasal dari Jerman ini didirikan oleh Hans Braxmeier dan Simon Steinberger pada tahun 2010.

Di kutip dari Wikipedia, selain bisa mengunduh foto, di Pixabay Anda juga bisa berkontribusi mengunggah file foto yang Anda miliki untuk dinikmati oleh seluruh orang di dunia.

Lisensi Pixabay

Yang diperbolehkanYang tidak diperbolehkan
Semua konten di Pixabay dapat digunakan secara gratis untuk penggunaan komersial dan nonkomersial di seluruh cetak dan digital.Anda diperbolehkan mendistribusi ulang atau menjual konten yang ada di Pixabay atau mengunggah ulang di situs stok foto dan wallpaper.
Tidak wajib mencantumkan atribut/kredit kepada pemilik foto, namun mereka akan sangat senang jika Anda memberikan kredit kepada mereka.Jangan menjual salinan gambar yang tidak diubah. Contoh, menjual salinan yang tepat dari foto stok sebagai poster, cetak atau produk fisik.
Anda dapat memodifikasi konten dari PixabayJangan menggunakan gambar dengan merek yang dapat diidentifikasi untuk membuat asosiasi yang menyesatkan dengan produk atau layanan

2. Pexels

pexels - situs penyedia gambar gratis untuk blog

Pexels merupakan situs penyedia foto gratis yang cukup sering saya gunakan, selain foto-fotonya yang bagus, di sini juga kita bisa mendapatkan foto dan video yang high definition (HD).

Paxels didirikan pada tahun 2015 oleh Bruno Joseph, Ingo Joseph dan Daniel Frese dengan misi untuk membantu para desainer, blogger, programmers dan creator lainnya untuk mendapatkan foto terbaik yang bisa digunakan secara bebas.

Lisensi Pexels

Yang diperbolehkanYang tidak diperbolehkan
Semua foto dan video di Pexels gratis untuk digunakan.Orang-orang yang dapat diidentifikasi mungkin tidak tampak dalam cahaya yang buruk atau dengan cara yang ofensif.
Atribusi tidak diperlukan. 
Memberikan kredit kepada fotografer atau Pexels tidak perlu tetapi selalu dihargai.
Jangan menjual salinan foto atau video yang tidak diubah, misalnya sebagai poster, cetak, atau pada produk fisik tanpa mengubahnya terlebih dahulu.
Anda dapat memodifikasi foto dan video dari Pexels. 
Jadilah kreatif dan edit sesukamu.
Jangan menyiratkan pengesahan produk Anda oleh orang atau merek pada gambar.
Jangan mendistribusikan ulang atau menjual foto dan video pada platform stok foto atau wallpaper lainnya.

3. Unsplash

unsplash - situs download foto gratis berkualitas hd

Unsplash merupakan platform penyedia foto yang didukung oleh banyak komunitas di seluruh dunia dan menyediakan ratusan ribu foto yang bisa mendongkrak kreativitas Anda.

Lisensi Unsplash

Yang diperbolehkanYang tidak diperbolehkan
Semua foto yang ada di Unsplash bebas Anda gunakan untuk berbagai kepetingan, baik itu komersial maupun non komersial.Tidak diperbolehkan mengkompilasi foto untuk membuat platform serupa
Tidak perlu memberikan kredit kepada pemilik foto, tapi jika Anda memberikan kredit, mereka akan sangat menghargainya.

Jika Anda mempunyai info tentang situs download gambar gratis lainnya, silahkan tulis di kolom komentar untuk tambahan informasi di blog ini.

You May Also Like

About the Author: Fajar Hidayat

Fajar Hidayat adalah seorang Blogger Profesional sekaligus Internet Marketer yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun dan pendiri dari SekolahBlogger.com

2 Comments

  1. Min, kalau saya ingin membuat label untuk komersial dan memakai gambar dari pixabay/ paxels cuma dicopas saja apakah boleh? Atau harus diedit terlebih dahulu? Misalnya edit bayangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.