Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Apakah Anda ingin website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google? Jika iya, maka Anda perlu menerapkan teknik SEO.

Sebagai contoh, situs Sekolah Blogger menempati posisi 3 besar di hasil pencarian Google untuk kueri “cara mendapatkan SSL gratis dari Cloudflare“, lihat screenshot berikut ini:

contoh hasil optimasi SEO di halaman pencarian google
Screenshot diambil pada 17 Desember 2023

SEO, atau Search Engine Optimization, adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di mesin pencari.

Dengan menerapkan teknik SEO, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi terkait dengan produk, layanan, atau konten yang Anda publish.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu SEO, manfaat SEO, cara kerja SEO, dan teknik SEO yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari.

Mari kita bahas satu per satu.

Pengertian SEO

Seperti apa yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di mesin pencari, sehingga dapat membantu mencapai goal yang diinginkan.

Dengan menerapkan teknik SEO, situs Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi terkait dengan produk, layanan, atau konten yang Anda tawarkan.

SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing yang penting untuk diterapkan, terutama bagi Anda yang menjadikan website sebagai sarana untuk menjangkau audiens atau calon customer Anda.

Dengan menerapkan teknik SEO yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan peringkat website Anda di mesin pencari. Hal ini akan berdampak positif pada traffic website, brand awareness, dan konversi.

Manfaat SEO

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan teknik SEO, antara lain:

1. Meningkatkan traffic website

SEO adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic website.

Ketika website Anda menempati posisi tinggi di hasil pencarian, website Anda akan lebih sering dikunjungi oleh pengguna.

Sebuah studi oleh Clicta Digital menemukan bahwa website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google untuk kata kunci yang relevan menerima 91% dari semua klik.

Semakin tinggi posisi sebuah website di hasil pencarian, maka semakin besar pula rasio klik yang akan di dapatkan oleh website tersebut.

Berikut adalah hasil studi dari Clicta Digital:

Hal ini menunjukkan bahwa SEO dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk meningkatkan traffic website.

2. Meningkatkan brand awareness

SEO juga dapat membantu meningkatkan brand awareness.

Ketika website Anda muncul di halaman pertama mesin pencari, itu artinya website Anda telah dipercaya oleh mesin pencari sebagai sumber informasi yang relevan dan berkualitas.

Hal ini akan berdampak positif pada brand awareness Anda.

Berdasarkan data dari Saleslion, 81% pengguna mencari produk atau layanan online sebelum membelinya.

Hal ini menunjukkan bahwa SEO dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan meningkatkan brand awareness Anda.

3. Meningkatkan konversi

Selain meningkatkan brand awareness, SEO juga dapat membantu meningkatkan konversi.

Ketika website Anda muncul di halaman pertama mesin pencari, itu artinya website Anda lebih berpeluang untuk diklik oleh pengguna.

Jika konten website Anda berkualitas dan relevan dengan apa yang dicari pengguna, maka pengguna tersebut akan lebih berpeluang untuk melakukan konversi, seperti membeli produk, mendaftar layanan, atau berlangganan newsletter.

Cara Kerja SEO

Secara umum, SEO bekerja dengan cara membuat website Anda lebih relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.

Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan peringkat website di hasil pencarian.

Algoritma ini mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kualitas konten, relevansi konten dengan kata kunci, dan struktur website.

Kurang lebih begini tahapan cara kerja algoritma Google: crawling-indexing-ranking.

Begini penjelasannya:

  1. Crawling

Pada tahap ini, Googlebot atau crawler Google akan menelusuri internet untuk menemukan dan mengumpulkan informasi dari berbagai situs web.

Crawler akan mengikuti tautan dari satu situs ke situs lain, dan akan mengumpulkan informasi seperti judul halaman, teks konten, dan tautan balik.

  1. Indexing

Pada tahap ini, informasi yang dikumpulkan oleh crawler akan disimpan dalam indeks Google.

Indeks ini adalah database besar yang berisi informasi tentang semua situs web yang diketahui Google.

  1. Ranking

Pada tahap ini, Google akan menggunakan indeks untuk menemukan halaman yang paling relevan untuk permintaan pencarian tertentu.

Google akan mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan relevansi, termasuk kata kunci yang dicari, kualitas konten, dan tautan balik.

Simak video berikut agar Anda dapat mengerti bagaimana mesin pencari Google bekerja:

Teknik SEO

Ada dua jenis teknik SEO yang paling umum di digital marketing, yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

1. SEO on-page

SEO on-page adalah teknik SEO yang dilakukan di dalam website Anda.

Teknik ini mencakup berbagai hal, seperti:

  • Pemilihan kata kunci

Langkah pertama dalam SEO on-page adalah memilih kata kunci yang tepat. Kata kunci adalah istilah yang digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi di mesin pencari. Pilihlah kata kunci yang relevan dengan produk, layanan, atau konten yang Anda tawarkan.

Untuk memilih kata kunci yang tepat, Anda dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest. Tools ini akan membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dengan audiens Anda.

  • Optimasi judul dan meta deskripsi

Judul dan meta deskripsi adalah dua elemen penting yang akan muncul di hasil pencarian. Pastikan judul dan meta deskripsi Anda relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan.

contoh meta title dan meta description
Contoh meta title dan meta description

Pemilihan judul dan meta deskripsi yang tepat juga akan meningkatkan CTR website Anda.

  • Optimasi konten

Konten adalah faktor terpenting dalam SEO. Buatlah konten yang berkualitas, relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan, dan menarik bagi pengguna.

Judul sebaiknya singkat dan jelas, serta menggunakan kata kunci yang relevan. Meta deskripsi sebaiknya panjangnya antara 150-300 karakter, dan menggunakan kata kunci yang relevan.

  • Optimasi struktur website

Pastikan struktur website Anda mudah dipahami oleh mesin pencari. Gunakan link internal untuk menghubungkan antar halaman website Anda.

Konten berkualitas haruslah informatif, akurat, dan bermanfaat bagi pengguna. Konten yang relevan dengan kata kunci haruslah menggunakan kata kunci tersebut secara strategis di seluruh halaman website.

Konten yang menarik bagi pengguna haruslah ditulis dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami.

2. SEO off-page

SEO off-page adalah teknik SEO yang dilakukan di luar website Anda.

Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian dengan cara meningkatkan popularitas dan kepercayaan website Anda di mata mesin pencari.

Mendapatkan backlink atau rekomendasi dari website lain adalah salah satu teknik SEO off-page yang cukup penting.

Backlink adalah tautan dari website lain ke website Anda. Backlink dari website berkualitas akan membantu meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink, antara lain:

  • Guest blogging adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan backlink. Dengan guest blogging, Anda dapat menulis artikel di website lain yang relevan dengan produk, layanan, atau konten yang Anda tawarkan. Artikel Anda haruslah berkualitas dan relevan dengan website tempat Anda mempublikasikannya.
  • Mempromosikan website melalui media sosial adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas website Anda. Anda dapat membagikan konten website Anda di media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Anda juga dapat berpartisipasi dalam grup dan komunitas online yang relevan dengan produk, layanan, atau konten yang Anda tawarkan.
  • Membangun hubungan baik dengan pemilik website lain adalah cara yang efektif untuk mendapatkan backlink. Anda dapat menghubungi pemilik website lain yang relevan dengan produk, layanan, atau konten yang Anda tawarkan. Anda dapat menawarkan untuk bertukar backlink atau bekerja sama dalam proyek lain.

Itulah penjelasan apa itu SEO, manfaat dan cara kerjanya, dengan memahami SEO website Anda akan mendapatkan posisi tinggi di hasil pencarian dan semoga dapat membantu Anda mencapat goal yang diinginkan.

You May Also Like

About the Author: Sekolah Blogger

Sekolah Blogger merupakan media online yang khusus membahas topik seputar blogging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.