Mengembangkan Blog Melalui Email Marketing, Emang Bisa?

mengembangkan blog melalui email marketing

Apakah Anda ingin blog Anda berkembang?

Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak traffic dan lebih banyak pembaca sekaligus meningkatkan penghasilan dari blog Anda?

Jika ya, maka email marketing adalah alat yang tepat untuk Anda.

Email marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang paling efektif untuk membangun hubungan dengan audiens dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Bagi blogger, email marketing dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan trafik blog, membangun basis audiens, dan meningkatkan konversi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana koneksi antara email marketing dan perkembangan blog, dan kita juga akan membahas cara memanfaatkannya.

Apa itu Email Marketing?

Kami akan coba menjelaskan pengertian email marketing dari sudut pandang digital marketing secara umum dan dari sudut pandang seorang blogger.

Definisi dari sudut pandang Digital Marketing

Di dunia digital marketing secara umum, email marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang memanfaatkan email sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Email marketing dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan brand awareness, menghasilkan leads, hingga meningkatkan penjualan.

Definisi dari sudut pandang blogger

Dari sudut pandang sebagai blogger, email marketing adalah cara untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pembaca dan mempromosikan konten terbaru Anda.

Dengan memiliki daftar email audiens, Anda dapat langsung berkomunikasi dan memberi mereka informasi yang relevan dan menarik.

Manfaat Email Marketing untuk Blogger

Sepengetahuan kami, belum banyak blogger yang memanfaatkan email marketing untuk membantu meningkatkan perkembangan blog mereka, padahal email marketing memiliki banyak manfaat bagi seorang blogger.

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh blogger saat menggunakan email marketing:

1. Meningkatkan traffic blog

Email marketing dapat digunakan untuk mempromosikan konten blog baru dan menarik pembaca untuk mengunjungi blog Anda.

Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas blog dan menarik lebih banyak pembaca.

Dengan mengirimkan email yang relevan dan menarik, Anda dapat membangun kepercayaan dengan pembaca Anda.

Ketika pembaca Anda mempercayai Anda, mereka lebih cenderung untuk mengunjungi blof Anda dan membaca konten Anda lagi.

2. Membangun basis audiens

Email marketing dapat digunakan untuk mengumpulkan alamat email dari pembaca yang tertarik dengan konten blog Anda.

Dengan mengumpulkan alamat email dari pengunjung blog, pemilik blog dapat menggunakan email tersebut untuk mengirimkan konten menarik dan informatif kepada mereka.

Konten ini dapat berupa artikel blog baru, update artikel, atau hal khusus lainnya.

Hal ini dapat membantu pemilik blog untuk membangun hubungan dengan pembaca dan mendorong mereka untuk kembali ke blog.

Semakin banyak email yang berhasil Anda kumpulkan, maka Anda akan memiliki basis audiens yang lebih kuat.

Jika konten Anda relevan dengan mereka, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikannya ke orang lain.

3. Meningkatkan konversi

Email marketing dapat digunakan untuk mendorong pembaca untuk mengambil tindakan, seperti membeli produk atau layanan, berlangganan newsletter, atau mendaftar ke acara.

Email marketing sangat berguna jika Anda fokus ingin mendapatkan penghasilan dari blog, Anda dapat mengirimkan link afiliasi melalui email tersebut, sehingga setiap kali ada audiens Anda yang membeli produk rekomendasi Anda, Anda akan mendapatkan komisi.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Afiliasi

4. Membangun hubungan dengan audiens

Email marketing dapat digunakan untuk terhubung dengan pembaca pada tingkat yang lebih pribadi dan membangun hubungan yang lebih kuat, selain mengajak mereka agar berkomentar di blog.

Anda dapat menggunakan email untuk berbagi cerita, tips, dan saran, serta untuk menjawab pertanyaan mereka.

Karena untuk menjadi blogger yang sukses, Anda perlu memiliki basis audiens yang setiap, jadi setiap kali Anda posting konten baru, mereka akan segera mengunjungi blog Anda.

Tips Menggunakan Email Marketing untuk Mempromosikan Blog

Berikut adalah beberapa tips menggunakan email marketing untuk mempromosikan blog Abda:

  • Dapatkan daftar email berkualitas. Daftar email yang berkualitas adalah kunci untuk keberhasilan email marketing. Pastikan untuk mengumpulkan alamat email dari pembaca yang tertarik dengan konten blog Anda.
  • Kirimkan konten yang berkualitas. Konten adalah kunci untuk email marketing yang efektif. Pastikan untuk mengirimkan konten yang menarik dan informatif kepada pembaca Anda.
  • Personalisasi email Anda. Personalisasi email Anda akan membuatnya lebih relevan dan menarik bagi pembaca Anda. Gunakan nama dan minat pembaca Anda untuk membuat email Anda lebih personal.
  • Ukur kinerjanya. Pantau hasil email marketing Anda untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Gunakan data ini untuk meningkatkan kampanye email marketing Anda berikutnya.

Tools Email Marketing Populer

Ada banyak tools email marketing yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Beberapa tools email marketing populer ialah:

1. Mailchimp

Mailchimp adalah tools email marketing yang membantu bisnis untuk membuat, mengirim, dan melacak email marketing.

Mailchimp menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan mereka.

Kelebihan Mailchimp:

  • Mudah digunakan: Mailchimp memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, bahkan untuk pengguna yang tidak berpengalaman.
  • Fitur lengkap: Mailchimp menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu bisnis untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan mereka.
  • Harga terjangkau: Mailchimp menawarkan berbagai paket harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Kekurangan Mailchimp:

  • Pembatasan pengiriman: Paket gratis Mailchimp memiliki batas pengiriman sebesar 10.000 email per bulan.
  • Fitur lanjutan: Beberapa fitur lanjutan, seperti otomatisasi dan pemasaran lanjutan, hanya tersedia di paket berbayar.

2. GetResponse

GetResponse adalah tools email marketing yang menawarkan berbagai fitur dan manfaat yang mirip dengan Mailchimp.

GetResponse memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Mailchimp, termasuk:

  • Keterkiriman email yang lebih tinggi: GetResponse memiliki tingkat keterkiriman email yang lebih tinggi daripada Mailchimp, yang dapat membantu memastikan bahwa email bisnis Anda mencapai kotak masuk pelanggan.
  • Fitur otomatisasi yang lebih canggih: GetResponse menawarkan fitur otomatisasi yang lebih canggih daripada Mailchimp, yang dapat membantu bisnis untuk mengotomatiskan tugas-tugas pemasaran email mereka.
  • Harga yang lebih terjangkau: GetResponse menawarkan paket harga yang lebih terjangkau daripada Mailchimp, yang dapat membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk bisnis kecil.

3. ConvertKit

ConvertKit adalah tools email marketing yang dirancang khusus untuk pembuat konten, seperti blogger, podcaster, dan influencer.

ConvertKit menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu pembuat konten untuk membangun hubungan dengan audiens mereka, termasuk:

  • Pembuatan email yang mudah: ConvertKit memiliki templat email yang dapat disesuaikan yang dapat digunakan pembuat konten untuk membuat email yang menarik dan profesional.
  • Pengiriman email yang andal: ConvertKit memiliki infrastruktur yang kuat untuk mengirimkan email secara andal ke daftar pelanggan.
  • Pelacakan email: ConvertKit menyediakan data pelacakan yang dapat digunakan pembuat konten untuk mengukur efektivitas kampanye email mereka.
  • Fitur otomatisasi: ConvertKit menawarkan fitur otomatisasi yang dapat membantu pembuat konten untuk mengotomatiskan tugas-tugas pemasaran email mereka.
  • Fitur analitik: ConvertKit menawarkan fitur analitik yang dapat membantu pembuat konten untuk memahami audiens mereka dan mengukur dampak kampanye email mereka.

Kelebihan ConvertKit:

  • Dirancang khusus untuk pembuat konten: ConvertKit menawarkan fitur dan manfaat yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pembuat konten.
  • Mudah digunakan: ConvertKit memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, bahkan untuk pengguna yang tidak berpengalaman.
  • Fitur lengkap: ConvertKit menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu pembuat konten untuk membangun hubungan dengan audiens mereka.
  • Harga terjangkau: ConvertKit menawarkan paket harga yang terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembuat konten.

Kekurangan ConvertKit:

  • Tidak cocok untuk bisnis: ConvertKit tidak cocok untuk bisnis yang membutuhkan fitur pemasaran email lanjutan, seperti pemasaran lanjutan dan pemasaran omnichannel.

Kesimpulan

Email marketing adalah alat yang ampuh untuk mengembangkan blog. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menggunakan email marketing untuk meningkatkan trafik blog, membangun basis audiens, dan meningkatkan konversi.

You May Also Like

About the Author: Fajar Hidayat

Fajar Hidayat adalah seorang Digital Marketer dengan pengalaman lebih dari 8 tahun membantu berbagai perusahaan, mulai dari industri percetakan, media kreatif, hingga media online. Kini, Fajar berbagi pengetahuan dan pengalamannya seputar blogging melalui konten-konten informatif di Sekolah Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.